Sabtu, 09 Oktober 2010

Memulai Trading

Memulai Trading

Untuk memulai sebagai trader beberapa perusahaan penghubung market-trader yaitu commition house memberikan fasilitas berupa account demo dan menyediakan uang virtual untuk belajar, yaitu metatrader, royaltrader, netdania, dll. Penulis mendaftar di www.marketiva.com, oleh marketiva penulis diberi uang virtual 10000 USD dan uang real 5 USD, uang virtual ditujukan untuk belajar dan karena berupa uang khayal berarti keuntungan dari trading tidak dapat di ambil, sedangkan uang real ditujukan untuk memulai trading sungguhan dan karena berupa uang nyata berarti keuntungan dari trading dapat diambil.

Pengalaman saya, saya mulai daftar www.marketiva.com di hari senin lalu trading menggunakan uang real – saya mempergunakan hingga 60% dari modal saya sehingga sangat beresiko terkena margin call – tiap hari uang saya menjadi 2 kali lipat yaitu di hari selasa 9 USD, dihari rabu 17 USD, namun di hari kamis mulai terjadi masalah uang saya menjadi 14 USD, di hari jumat 10 USD lalu market tutup dan dibuka kembali hari senin, di hari senin uang saya menjadi 3 USD. Oh, jika tidak terjadi masalah tentunya saya sudah mempunyai uang saku tambahan atau bahkan tidak memerlukan lagi uang bulanan dari orang tua.

Masalah tersebut diantaranya :

1. Permasalahan mengenai permasalahan pribadi.
2. Paket data internet yang diberikan operator cellular AXIS sering mengalami putus.

Permasalahan pribadi membuat susah berfikir sehingga melakukan trading tampa melakukan analsis fundamental maupun teknikal, koneksi internet yang sering putus - putus menjadikan trading yang seharusnya taking profit tidak dapat taking profit dan ironisnya ketika koneksi tersambung trading saya terfloating lost.

Pengalaman mengajarkan saya bahwa :

1. Jangan bertrading ketika emosi tidak stabil atau ngantuk / pikiran lelah karena trading membutuhkan kosentrasi penuh untuk menganalisa technical dan fundamental.
2. Pilih operator penyedia paket data internet yang bagus.
3. Diperlukan management risk sehingga kerugian yang besar dapat dihindari.



Bukti dari cerita saya sungguh real akan dibuktikan dengan gambar berikut :


Kolom portofolio menyebutkan live forex / real money 14.775 USD, uang yang ditradingkan sebesar 6.9 USD atau 46.7 % dari modal yang ada, terfloating loss sebesar 1.685 USD.

Pojok kanan bawah terdapat symbol yang menyatakan koneksi meggunakan hp nokia 6020 sebagai modemnya namun koneksi sedang terputus.

Pojok kiri bawah terdapat keterangan bahwa Not connected to a Streamster Server.


Artikel ini dibuat ketika saya kuliah di UPI jurusan Matematika ngontrak mata kuliah Program Latihan Akademik di salah satu perusahaan broker / pialang di jalan Gatot Subroto-Asia Afrika kota Bandung di tahun 2008. Pada saat itu lahirnya Axis dan memberikan promo gratis 100MB paket data setiap pembelian kartu perdana, wah saya sebagai mahasiswa senang sekali.





This article 100% is written by Delta Arif.

Do not copy without include Delta Arif as writter and www.deltadollar.com as the source of this article.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar